4 Bintang Timnas Indonesia Yang Tenggelam Bersama Klub Di Awal Musim Liga 1 2018

Sepakbola.com, Jakarta – Liga 1 2018 sudah memasuki pekan ketiga. Banyak pemain berada dalam sorotan terkait performa yang mengecewakan. Dan menariknya tak sedikit yang merupakan penggawa tim nasional Indonesia.


Performa bintang-bintang Timnas tersebut jauh berbeda saat berseragam Garuda dan di klub masing-masing. Bila di timnas penampilan sangat luar biasa namun berubah drastis saat membela klub.

Bahkan di antara mereka harus merelakan posisinya tergantikan oleh pemain lain. Siapa saja mereka? Berikut Sepakbola.com mencoba untuk merangkumnya dalam ulasan berikut:

1. Febri Hariyadi


Belum ada kontribusi signifikan yang diberikan Febri Hariyadi untuk Persib Bandung dalam dua laga awal Liga 1 2018. Dua kali dimainkan sebagai starter, anak muda 22 tahun ini seolah cuma jadi pelengkap 11 pemain Persib.

Tentunya perbedaan 180 derajat ketika Bow membela timnas. Ia kerap jadi pemecah kebuntuan saat ditugaskan bela negara. Teranyar, Febri mampu mencetak gol spektakuler saat Timnas membungkam Singapura dengan skor akhir 3-0.

Hal ini langsung dijawab oleh asisten Persib, Herrie Setaiwan menjelaskan tidak ada yang salah treatment yang diberikan klub dengan di timnas. Ia berharap Febri bisa segera menemukan performa terbaiknya.

“Kami tidak mengerti mengapa Febri bisa bagus di timnas, tapi tidak di klub. Padahal, cara bermain Febri sama saja di keduanya,” tutur pelatih yang akrab disapa Jose ini dilansir bolasport.

“Semestinya Febri justru harus lebih bagus saat di klub. Toh dia dipanggil ke timnas kan karena penampilannya di klub,” ujar pilar Timnas Indonesia saat merebut medali emas cabang sepak bola di SEA Games 1991 tersebut.

2. Septian David Maulana


Performa buruk juga ditunjukkan oleh Septian David. Bahkan Septian lebih parah lagi karena ia kesulitan menembus skuat utama Mitra Kukar. Pelatih Naga Mekes, Rafael Berges lebih memilih Hendra Adi Bayaw ketimbang Septian.

Salah satu alasannya Ia mengaku masih butuh waktu beradaptasi dengan gaya pelatih Mitra Kukar, Rafael Berges Marin. Ia menilai Berges memiliki strategi yang berbeda dengan arsitek sebelumnya.

Menurut Septian, pria asal Spanyol tersebut lebih suka dengan permainan cepat. Makanya setiap pemain Mitra Kukar diminta cepat mengoper ketika mendapatkan bola.

Selain itu di Mitra Kukar ia ditempatkan di poisi sayap kiri berbeda di timnas ia ditempatkan sebagai pengatur serangan sehingga dirinya lebih hidup.

3. Irfan Jaya


Irfan Jaya sejauh ini belum tampil impresif seperti musim lalu. Pemain sayap muda Persebaya Surabaya itu belum mampu memberikan kontribusi berarti buat tim Bajul Ijo dalam dua laga awal Liga 1

Tak ada gol, tak ada assist yang disumbangkan dalam 132 menit pertandingan yang sudah dibukukannya di Liga 1 2018. Padahal, pemain 21 tahun itu menggondol gelar pemain terbaik di Liga 2 musim lalu.

Musim lalu bisa dibilang Irfan merupakan andalan Bajul Ijo. Dia kerap merepotkan barisan pertahanan lawan dengan aksi individunya menyisir dari sisi sayap melakukan penetrasi ke kotak penalti lawan.

Namun, apa yang dialami Irfan ini sebenarnya bukan masalah besar, setidaknya jika mengacu pada musim lalu. Musim lalu, dia juga tidak langsung nyetel bersama Persebaya.

“Sama seperti dulu, saya juga tidak bisa berbuat apa-apa. Tapi, saya akan terus berusaha adaptasi dan menemukan permainan terbaik saya lagi di Persebaya,” ujar Irfan dilansir bola.com.

4. Ilija Spasojevic


Ilija Spasojevic belum mampu menunjukkan ketajamannya bersama Bali United. Dalam empat pertandingan di Liga 1 dan Piala AFC, Spaso belum mencetak satu gol pun. Terakhir kali eks Bhayangkara FC itu membukukan gol saat melawan Global Cebu di Stadion Rizal Memorial, Filipina 27 Februari. Ketajaman Spaso pun mulai dipertanyakan.

Minimnya gol yang dibuat oleh Spaso menimbulkan spekulasi pemain 30 tahun itu kurang mendapatkan suplai bola dan tidak cocok dengan gaya permainan Bali United.

Namun Widodo Cahyono Putro, pelatih Bali United membantahnya dan menilai hanya masalah waktu saja bagi Spaso untuk kembali mencetak gol. Apalagi ia juga sudah mencetak gol di Bali United selain di Liga 1.

Sumber

Artikel Terkait

4 Bintang Timnas Indonesia Yang Tenggelam Bersama Klub Di Awal Musim Liga 1 2018
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email